Perintah - perintah dasar CISCO iOS Command - TIKNI LIGI

Perintah - perintah dasar CISCO iOS Command

Perintah - perintah dasar CISCO iOS Command di Cisco Packet Tracer

 

    Cisco IOS (Internetwork Operating System) merupakan sistem operasi utama untuk perangkat-perangkat jaringan seperti Router, LAN switch, Wireless AP besutan Cisco System, Inc. Cisco IOS menyediakan ribuan perintah, dan konfigurasi didalamnya.

 

     Bagi yang mendalami networking khususnya perangkat-perangkat Cisco maupun Student Cisco Network Academy, tentu tidak asing lagi dengan Packtet Tracer dan CLI (Command Line Interface) Cisco. Cisco IOS command juga memberikan kemudahan dengan hanya mengetikan beberapa perintah singkat atau dapat menggunakan tombol Tab yaitu fitur 'auto-complete command' untuk melakukan berbagai macam konfigurasi.
     Untuk menjadi mahir dengan Cisco IOS berarti kita harus memahami dan belajar beberapa perintah penting terutama ketika menangani berbagai konfigurasi dan pemecahan masalah tugas (troubleshooting). 
Berikut adalah beberapa kumpulan perintah dasar cisco ios command yang minimal harus Anda kuasai sebagai Network Engineer atau Network Administrator:
1. enable, configure terminal, interface, dan router
Cisco router memiliki tiga tingkatan/level mode yang berbeda beda dimana hanya beberapa command tertentu yang dapat digunakan.
a. User Mode (>) ini adalah mode awal ketika Anda login, dalam mode ini command sangat terbatas.
b. Privileged Mode (#) dengan mengetikan perintah enable, dalam mode ini Anda dapat menampilkan semua informasi tapi tidak dapat melakukan perubahan.
c. Global Configuration (config)# dengan mengetikan perintah configure terminal, disini adalah mode tertinggi dimana Anda dapat mengubah parameter global seperti interface, ip address, router, dll. Untuk keluar dari mode, ketik exit.

2. show running-configuration
Perintah untuk menampilkan semua konfigurasi yang sedang berjalan di cisco router atau switch.
3. show ip route
Perintah untuk menampilkan routing table dari sebuah cisco router. Routing table berisikan data tentang network mana saja yang akan terkoneksi dengan sebuah router, jika sebuah network  tidak ada dalam routing table maka client atau host yang hendak terkoneksi ke network itu melalui router, tidak bisa terkoneksi. Mengetahui sebuah routing table adalah mutlak bagi seorang network engineer/administrator terutama untuk kebutuhan troubleshooting.
4. show interfaces
Perintah untuk menampilkan status dan parameter yang diset pada interface dari router atau switch. Biasanya berisi mac address, ip address, dan physical layer dari interface.
5. show ip interface
Perintah untuk menampilkan informasi yang terkait dengan layer 3 yaitu ip address dan broadcast address dari masing-masing interface. Untuk menampilkan hasil yang lebih ringkas dapat menggunakan perintah show ip interface brief.
6. show protocols
Perintah ini mirip dengan perintah show interface namun perintah ini menampilkan hasil yang lebih ringkas dan cepat tentang status dari semua interface terkait dengan layer 1 dan 2.
7. show controllers
Perintah untuk menampilkan status dan kondisi fisik dari sebuah interface, terkait dengan jenis kabel serial yang terkoneksi pada interface serial, dengan perintah ini kita dapat mengetahui jenis kabel yang dipakai pada interface serial, DCE atau DTE.
8. show Vlan
Perintah ini hanya berlaku pada cisco switch, dengan perintah ini kita dapat mengetahui VLAN yang ada dalam sebuah switch serta port mana saja yang menjadi anggota dari vlan tersebut.
9. show mac address-table
Perintah untuk mengetahui mac address dari perangkat yang terhubung pada masing-masing port dari sebuah switch secara cepat.
10. show cdp neighbor
Perintah untuk mengetahui informasi tentang semua perangkat router atau switch cisco yang terhubung langsung dengan sebuah router atau switch cisco. Informasi yang didapatkan adalah nama perangkat, interface mana yang terkoneksi, jenis perangkat (router atau switch ) dan tipe dari perangkat tersebut (cisco router atau catalyst series).
11. show version
Perintah untuk menampilkan register konfigurasi router (router firmware untuk boot up), terakhir kali router itu boot, versi IOS, nama file IOS, model router, dan ukuran RAM dan flash router.
12. debug
Perintah men-debug memiliki banyak pilihan dan tidak bekerja dengan sendirinya. Hal ini memberikan output rincian debugging tentang aplikasi, protokol, atau service tertentu. Misalnya, debug ip route akan memberitahu Anda setiap kali router ditambahkan atau dihapus dari router.
13. no shutdown
Perintah untuk mengaktifkan (up) dari sebuah interface router atau switch.
14. copy running-configuration startup-configuration
Perintah untuk menyimpan konfigurasi yang sedang dimodifikasi (di RAM), juga dikenal sebagai running-configuration, ke Nonvolatile-RAM (NVRAM). Jika daya listrik mati, NVRAM akan menyimpan konfigurasi ini. Dengan kata lain, jika Anda mengedit konfigurasi router, tidak menggunakan perintah ini dan router tiba-tiba restart atau mati maka perubahan tersebut akan hilang. Perintah copy juga dapat digunakan untuk meyalin running atau startup configuration dari router ke TFTP server.
15. help command (?)
Cisco IOS benar-benar berbeda dari sistem operasi lain karena dilengkapi tombol bantuan 'tanda tanya' (?). Sebagai sistem operasi berbasis command-line dengan ribuan kemungkinan perintah dan parameter, cukup ketikan '?' pada console/terminal maka semua perintah yang Anda perlukan ada akan ditampilkan.


Semoga Bermanfaat :)

Sumber :

http://www.rianlab.com/2014/08/belajar-perintah-perintah-dasar-cisco.html

Tio Chandra Hi There, I shared my expereriences here :) Hope You Like It.

0 Response to "Perintah - perintah dasar CISCO iOS Command"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel