Penjelasan Simbol - Simbol Device pada Cisco Packet Tracer - TIKNI LIGI

Penjelasan Simbol - Simbol Device pada Cisco Packet Tracer

Simbol - simbol Komponen pada Cisco Packet Tracer dan Fungsinya

     Hai teman ?? kali ini saya akan memberikan penjelasan singkat tentang fungsi dari komponen-komponen / device yang ada pada Cisco Packet Tracer.Akan tetapi saya hanya akan membahas pada perangkat dasar saja yang sering digunakan dalam simulasi Jaringan.Berikut merupakan penjelaannya :



Repeater









Repeater adalah suatu alat yang berfungsi memperluas jangkauan sinyal WIFI yang belum tercover oleh sinyal dari server agar bisa menangkap sinyal WIFI.
 Perangkat Repeater harus 2 alat, yakni untuk menerima sinyal dari server    (CLIENT) dan untuk menyebarkan lagi sinyal Wifi (accespoint).

Fungsi: Untuk memperpanjang rentang jaringan dengan cara memperkuat isyarat elektronis dan untuk memperbesar batasan panjang satu segmen kesimpulan nya repeater itu alat untuk memperkuat signal.

Hub





Hub merupakan perangkat jaringan yang bekerja di OSI layer 1, Physical Layer. Sehingga dia hanya bekerja tak lebih sebagai penyambung atau concentrator saja, dan hanya menguatkan sinyal di kabel UTP. HUB tdk Mengenal MAC Addressing / Physical Addressing shingga tdk bisa memilah data yg harus ditransmisikan shingga collision tdk bisa dihindari dari penggunaan HUB ini.

Fungsi: Bekerja tak lebih sebagai penyambung atau concentrator saja, dan hanya menguatkan sinyal di kabel UTP.


Switch


Switch ini digunakan sebagai repeater atau penguat. Berfungsi untuk menghubungkan kabel-kabel UTP (Kategori 5/5e ) komputer yang satu dengan komputer yang lain. Dalam switch biasanya terdapat routing, routing sendiri berfungsi untuk batu loncat untuk melakukan koneksi dengan komputer lain dalam LAN.


Fungsi:  Menghubung beberapa alat untuk membentuk suatu Local Area Network (LAN).


Router





Router merupakan perangkat jaringan yang bekerja pada OSI Layer 3, Network Layer. Pada layer ini sudah dikenal pengalamatan jaringan menggunakan IP Address, dan router ini berperan penting sebagai penghubung atau penerus paket data antara dua segmen jaringan atau lebih.

Fungsi:  Penghubung antar dua atau lebih jaringan untuk meneruskan data dari satu jaringan ke jaringan lainnya. Perbedaannya dengan Switch adalah kalau switch merupakan penghubung beberapa alat untuk membentuk suatu Local Area Network (LAN)


Bridge 


Bridge jaringan adalah sebuah komponen jaringan yang digunakan untuk memperluas jaringan atau membuat sebuah segmen jaringan. Bridge jaringan beroperasi di dalam lapisan data-link pada model OSI. Bridge juga dapat digunakan untuk menggabungkan dua buah media jaringan yang berbeda, seperti halnya antara media kabel Unshielded Twisted-Pair (UTP) dengan kabel serat optik atau dua buah arsitektur jaringan yang berbeda.


Fungsi: Membagi sebuah jaringan hingga menjadi dua buah jaringan. Menyaring lalulintas lokal agar tidak keluar dari segmen jaringan tetapi tetap meneruskan konektifitas ke segmen jaringan lain dari LAN.


Gateway


Fungsi: melakukan protocol converting, agar dua arsitektur jaringan komputer yang berbeda dapat berkomunikasi.


Cloud


Fungsi: Mewakili seluruh proses dan peralatan jaringan yang terhubung pada jarak yang jauh dengan sebuah komputer. Sebuah cloud menyiratkan sebuah jaringan (internet) yang memiliki cara untuk terhubung ke jaringan tersebut. 


Semoga Bermanfaat :)


Referensi :

http://shortindie.blogspot.co.id/2011/10/simbol-komponen-komponen-yang-ada-pada.html
Tio Chandra Hi There, I shared my expereriences here :) Hope You Like It.

0 Response to "Penjelasan Simbol - Simbol Device pada Cisco Packet Tracer"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel