Cara Menambah dan Membuat User di Moodle
Moodle (singkatan dari Modulator Object-Oriented Dynamic Learning Environment) adalah paket perangkat lunak yang diproduksi untuk kegiatan belajar berbasis internet dan situs web yang menggunakan prinsip social constructionst pedagogy. Moodle merupakan salah satu aplikasi dari konsep dan mekanisme belajar mengajar yang memanfaatkan teknologi informasi, yang
dikenal dengan konsep pembelajaran elektronik atau e-learning. Moodle dapat digunakan secara bebas sebagai produk open source dibawah lisensi GNU. Moodle dapat diinstall di komputer dan sistem operasi apapun yang bisa menjalankan PHP dan mendukung database SQL.
dikenal dengan konsep pembelajaran elektronik atau e-learning. Moodle dapat digunakan secara bebas sebagai produk open source dibawah lisensi GNU. Moodle dapat diinstall di komputer dan sistem operasi apapun yang bisa menjalankan PHP dan mendukung database SQL.
B. Latar Belakang
Seiring marak dan berkembangnya pendidikan Online seperti E-Learning di Indonesia, maka dari itu CMS Moodle lah yang dipilih sebagai alternatif yang mudah digunakan. Agar Web Pembelajaran Online Moodle ini berfungsi optimal dalam pelaksanaan nya tentunya kita sebagai admin dituntut agar dapat melakukan penambahan akun untuk siswa/mahasiswa secara cepat dan benar. Dikarenakan penambahan user di Moodle ini terdapat beberapa cara, maka saya ingin memberikan penjelasan nya satu persatu.
C. Maksud dan Tujuan
Tujuan saya menambah user pada Moodle adalah untuk membuat akun pada tiap orang yang ingin berpartisipasi dalam Web Pembelajaran Online ini. Kemudian disini saya juga ingin memberikan penjelasan bahwa terdapat beberapa cara yang harus diketahui oleh seorang Admin dari Web Pembelajaran Moodle ini untuk menambahkan akun user-user nya, yaitu :
- Melalui pembuatan manual (buat satu per-satu)
- Melalui Self Registration ( Daftar/Registrasi Sendiri )
- Melalui Upload File (Menggunakan File .txt)
D. Jangka Waktu Kegiatan
Kurang Lebih 60 menit
E. Alat dan Bahan
- Web Browser
- CMS Moodle
- PC / Laptop
F. Tahapan dan Langkah Kegiatan
>> Menambahkan user secara Manual
1. Login sebagai administrator moodle
2. Kemudian klik pada Site Administration -> Users -> Account -> Add a new user
3. Pada halaman Add a new user, bagian General (khususnya yang bertanda * warna teks merah wajib diisi) silahkan isi data-data yang diminta, antara lain:
- Username: misal guru1 (apa saja yang penting tidak double nama username tersebut)
- New password: misal Guru_001 (secara default, setiap password terdiri 8 karakter, minimal 1 huruf besar, minimal 1 angka, dan minimal 1 karakter alfa non numeric: !@#$%^, dll)
- Firts name: isikan nama awal user tersebut
- Surname: nama akhir user tsb
- Email address: isikan alamat email user tersebut (bagi user wajib memiliki email)
- City/town: isikan nama kota sekarang
- Select a country: pilih Indonesia
- Timezone: Pilih Asia/Jakarta sebagai zona waktunya
- Description: tambahkan deskripsi tentang user yang Anda tambahkan
4. Setelah itu scroll kebawah,pada bagian User picture Anda dapat menambahkan foto user tersebut atau tidak perlu biarkan user tersebut yang menambahkan fotonya setelah jadi accountnya dan klik Create User untuk membuat user tsb.
5. Selanjutnya anda akan dialihkan ke halaman Browse list of users. Halaman yang terdiri dari daftar user di moodle Anda.
>> Menambah User melalui Self Registration / Registrasi Pribadi
Cara ini dapat digunakan ketika seseorang ingin mendaftar sendiri ketika ingin berpartisipasi dalam pembelajaran online menggunakan moodle ini.
1. Login sebagai admin, klik Site Administration –> Plugins –> Authentication –> Manage Authentication.
2. Setelah meng-klik Manage authentication maka perhatikan “Email-based self-registration”, kemudian pada kolom enable klik icon mata yang tergaris miring yang akan menjadikannya enable. Jika sebelumnya sudah enable maka langsung lanjut saja ke tahap selanjutnya.
Berikut merupakan Email-based self-registration yang sudah enable.
3. Kemudian scroll kebawah,lalu pada Self Registration, rubah menjadi Email-based self-registration.
4. Selanjutnya klik Save Setting di bagian bawah untuk menyimpan aturan yang baru saja dirubah.
5. Nah, untuk pengguna yang berpartisipasi ingin mendaftarkan diri sebagai user baru di moodle, caranya setelah menulis alamat web moodle di browser, klik "Login" kemudian akan muncul tombol "Create New User" seperti dibawah.
6. Kemudian isi formulir pendaftarannya,kalo sudah selesai isi, klik create my new account, tunggu admin mengkonfirmasi akun kamu. Atau kamu juga bisa melakukan konfirmasi melalui pesan yang dikirimkan ke email kamu.
7. Jika sebagai admin, kita ingin mengonfirmasi akun user baru yang daftar caranya, Site administration –> User –> Account –> Browse list of users.
8. Kemudian disana terlihat ada permintaan konfirmasi penmabahan user baru. Klik Confirm untuk menyetujui menambahkan user tsb.
>> Cara menambah User secara manual dengan upload file teks.
1. Pertama - tama buat file .txt dengan format penulisan penambahan user pada Notepad seperti dibawah ini.
2. Kemudian masuk ke Site Administration -> Users -> Accounts -> Upload Users
3. Lalu pada halaman upload users, klik Browse untuk memilih file yang akan diupload
4. Kemudian akan muncul pop-up pilih Upload a File ->pada Attachment klik Browse
5. Selanjutnya pilih file .txt yang berisi user tadi
6. Kemudian setelah itu akan muncul tampilan berikut, klik pada Upload This File
7. Selanjutnya pada halaman Upload Users, terdapat file .txt yang kita pilih tadi. Kemudian klik Upload Users
8. Kemudian pada halaman Upload users Preview, terdapat daftar user hasil file .txt yang kita upload tadi.
Disana pada Settings, di bagian Upload type pilih Add new only, skip existing user.
9. Lalu scroll ke bawah, dan klik Upload Users untuk mengupload user.
10. Selanjutnya muncul Upload User Results, klik Continue untuk melanjutkan
11. Kemudian muncul halaman list/daftar dari semua user,termasuk user yang kita tambahkan juga tadi.
ko ga bisa...
ReplyDeleteUsers created: 0
Users skipped: 2
Users having a weak password: 0
Errors: 0
itu mas pake cara yang mana ya?
ReplyDeleteTapi ini gak kayak google classroom kan ya? Yang harus pakai domain organisasi?
ReplyDelete