International ICT Volunteers 2016 - BLC TELKOM KPLI KLATEN - TIKNI LIGI

International ICT Volunteers 2016 - BLC TELKOM KPLI KLATEN

Hari Selasa, 12 Juli 2016.
Hari kita peserta prakerin di BLC Telkom Klaten dan segenap keluarga besar BLC Telkom Klaten mengikuti sharing bersama dan belajar bersama dengan tim International ICT Volunteers 2016 dari Korea Selatan di BLC Telkom Klaten.

Pembicara     :  Tim International ICT 2016 dari Korea Selatan
Waktu            :  14.00 WIB  - 16.30 WIB
Tempat          :  BLC Telkom Klaten
Pembahasan  :

  • Website service yang ada di Korea Selatan
  • Layanan-layanan yang disediakan oleh pemerintah Korea Selatan
  • Sistem Pendidikan di Korea Selatan
  • Layanan website sebagai penejemah bagi touris 
  • Kesan dari pihak tim International  ICT 2016 dari Korea Selatan terhadap Indonesia
  • Tempat wisata yang ada di Korea Selatan
Peserta         :  Semua peserta prakerin di BLC Telkom Klaten dan segenap keluarga BLC Telkom Klaten.

A. Latar Belakang

Kegiatan sharing ini dilakukan agar kita saling mengeatahui kebudayaan yang ada di masing-masing negara, dan disini yang dimaksud adalah antar negara Indonesia dan Korea Selatan. Dari kegiatan sharing ini kita dapat mengetahui perkembangan di negara maju tersebut, yaitu Korea Selatan. Dan tak kalah menarik, ternyata mereka sangat salut dengan potensi penduduk Indonesia yang memiliki potensi-potensi tinggi. Dari kegiatan ini juga kita dapat mengetahui sistem pendidikan disana, dari kegiatan sharing ini kita dapat menerima ilmu baru mengenai pembuatan web service yang ada di Korea Selatan yang diterapkan sebagai website untuk pelayanan masyarakat.

B. Kegiatan Sharing

Kegiatan sharing ini sangatlah menarik dan suatu kebanggaan bagi saya dan peserta prakerin semuanya. Dari kegiatan ini kita bisa sharing langsung dengan tim International ICT Volunteers 2016 dari Korea Selatan. Meskipun sharing ini harus membutuhkan penerjemah untuk menerjemahkan kepada kami apa yang disampaikan oleh tim International Volunteers ICT 2016 tersebut. Beruntunglah ada teman prakerin kami dari SMK N 1 Kediri yang mampu menjadi penerjemah dalam kegiatan sharing hari ini. Kegiatan sharing pertama kami diawali dengan penunjukkan layanan-layanan web service yang ada disana, seperti : web service untuk mencari restoran, mencari menu makanan di restoran tersebut, bahkan kita dapat memesan makanan tersebut via mobile. Selanjutnya mereka juga menunjukkan layanan map, namun layanan map ini lebih mendetail daripada google map. Jika di google map kita hanya bisa mencari lokasi yang akan kita tuju, namun dengan layanan yang mereka buat dan diterapkan di Korea Selatan tersebut kita dapat mengetahui jalur mana  yang padat (ramai dengan kendaraaan), jalur mana yang dapat ditemput untuk menghemat waktu (jalur terdekat), bahkan peristiwa apa saja yang sedang terjadi, misalnya seperti kecelakaan sekalipun di jalan tersebut. Selain itu, mereka juga memiliki layanan perpustakaan online, uniknya dengan layanan perpustakaan tsb, kita dapat mencari kursi mana yang kosong yang dapat kita tempati dan kita juga dapat memesan tempat duduk tersebut untuk kita membaca. Dari situ kita bisa mengetahui, ternyata di negera mereka sudah mnyediakan layanan-layanan untuk melayani masyarakat untuk kegiatan pemerintahan dan kegiatan umum sekalipun.

C. Kesimpulan dan Hasil Sharing

Hasil dari sharing ini kita menjadi tahu perkembangan di negara Korea Selatan terhadap layanan-layanan yang diberikan kepada masyarakat. Mulai dari layanan perpustakaan online, webiste service untuk memesan restoran, website service untuk layanan masyarakat, layanan map yang sangat detail bahkan dapat memesan tempat duduk untuk membaca. Di Indonesia sudah ada, namun belum mendetail sampai seperti itu, jadi kita harus semangat untuk belajar lebih giat lagi bagaimana caranya kita juga bisa membuat layanan yang mereka buat tersebut. Penduduk Indonesia memiliki potensi yang tinggi kata salah satu dari tim International ICT Volunteers 2016 dari Korea Selatan.

Berikut dokumentasi kegiatan hari ini :

Tio Chandra Hi There, I shared my expereriences here :) Hope You Like It.

0 Response to "International ICT Volunteers 2016 - BLC TELKOM KPLI KLATEN"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel