GENERASI PADA BAHASA PEMROGRAMAN - TIKNI LIGI

GENERASI PADA BAHASA PEMROGRAMAN

GENERASI PADA BAHASA PEMROGRAMAN 




Berikut ini merupakan runtutan perkembangan bahasa pemrograman dari generasi ke generasi


1.       Generasi Pertama
Bahasa pemrograman generasi pertama berorinetasi pada mesin. Program ini disusun dengan menggunakan bahasa mesin dimana program pada generasi ini sangat sulit untuk dipahami dan dapat dikatakan sangat membosankan bagi para programer tetapi memberikan eksekusi program yang sangat cepat. Selain itu, bahasa mesin sangat bergantung pada mesin. Artinya, bahasa mesin antara satu mesin dengan mesin yang lain sangat berbeda.

2.       Generasi Kedua
Bahasa pemrograman generasi kedua menggunakan bahasa rakitan (assembly). Sebagai pengganti kode biner, digunakan kependakan kata-kata. Setiap instruksi dalam bahasa rakitan sebenarnya identik dengan satu instruksi dalam bahasa mesin. Bahasa ini sedikit lebih mudah untuk dipahami mengingat perintah dalam bentuk kata-kata yang dipendekkan lebih mudah daripada mengingat deretan angka biner.

3.       Generasi Ketiga
Bahasa pemrograman generasi ketiga menggunakan pendekatan prosedural dimana programer perlu menuliskan instruksi yang rinci agar komputer dapat melaksanakan tugasnya. Bahasa pada generasi ini sering disebut bahasa beraras tinggi (high level language) karena menggunakan bahasa yang biasa digunakan oleh manusia. Contoh kategori bahasa generasi ketiga adalah C, BASIC, COBOL, FORTRAN, dan Pascal.

4.       Generasi Keempat
Bahasa pemrograman generasi keempat dirancang untuk mengurangi waktu programer dalam membuat program sehingga diharapkan produktivitas programer meningkat dan dapat dibuat dalam waktu yang relatif singkat. Bahasa pada generasi ini disebut bahasa beraras sangat tinggi (very high level language) atau bahasa yang beriorientasi pada masalah (problem oriented language). Beberapa contoh bahasa generasi keempat adalah Oracle, Informix, Sybase, Powerhouse, Access, dan FOCUS.

5.       Generasi Kelima
Bahasa pemrograman generasi kelima merupakan kelompok bahasa pemrograman yang ditujukan untuk menangani kecerdasan buatan (artifificial intelligence). Kecerdasan buatan merupakan disiplin ilmu komputer yang mempelajari cara komputer meniru kecerdasan manusia. Contoh bahasa pemrograman yang ditujukan untuk menangani kecerdasan buatan diantaranya PROLOG dan LISP.


Sekian, semoga bermanfaat
Tio Chandra Hi There, I shared my expereriences here :) Hope You Like It.

0 Response to "GENERASI PADA BAHASA PEMROGRAMAN "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel