Konfigurasi PPTP VPN Server di Mikrotik - TIKNI LIGI

Konfigurasi PPTP VPN Server di Mikrotik


Konfigurasi VPN Server di Mikrotik


A. Pengertian


Virtual Private Network (VPN) adalah sebuah jaringan komputer dimana koneksi anatar nodenya memanfaatkan jaringan public (Internet/WAN) karena mungkin dalam kondisi atau kasus tertentu tidak memungkinkan untuk membangun infrastruktursendiri.

B. Latar Belakang


VPN ini merupakan interkoneksi antar jaringan (PC Client to  LAN maupun LAN to LAN) yang mana interkoneksi ini melalui jaringan public (Internet)  sehingga dengan VPN ini terjadi koneksi terselubung alias lorong atau Tunneling Connection sehingga data yang di akses (data yang di kirim dan di terima) benar-benar aman.

C. Alat dan Bahan


1. Router MikroTik
2. Kabel UTP dan RJ 45
3. Winbox
4. Laptop 

D. Maksud dan Tujuan


VPN biasanya digunakan untuk membuat komunikasi yang bersifat secure melalui jaringan internet, tetapi VPN tidak harus menggunakan standard keamanan yang baku seperti Authentikasi dan enkripsi.

E. Tahapan Pelaksanaan Kegiatan


1. Langkah pertama buka winbox dan login mikrotik.
2. Klik tab menu PPP --> tab menu interface --> klik tab menu add [+] --> PPTP Server Binding


3. Lalu  langsung saja klik ok, tidak usah di setting


4. Klik tab menu IP --> tab menu Hotspot


5. Langkah selanjutnya kita membuat IP Pool, atau sekelompok IP Address yang akan kita buat untuk mengalokasikan sejumlah IP Address untuk VPN Client per-user yang nanti akan terkoneksi ke Mikrotik VPN Server kita. Klik tab menu IP --> pool --> New IP Pool, misalnya disini saya alokasikan ip address : 10.10.10.3-10.10.10.20 dan saya beri nama vpn-client


IP pool sudah berhasil terbuat, lihat gambar


6.Selanjutnya kita buat sebuah Profile dengan nama VPS-VPN (terserah anda). Local address adalah ip address yang digunakan sebagai VPN gateway oleh Mikrotik (ip address mikrotik LAN). Remote address adalah ip address yang akan diberikan kepada masing-masing VPN client dan ip a ddress inilah yag akan dikenali dan berkomunikasi dengan PC yang lain. Klik tab menu profile pada PPP --> klik tanda [+] --> pada tab general bisa anda isikan seperti berikut. 


7. Selanjutnya kita menuju ke option PPTP Server, option ini yang menentukan fitur PPTP Server berfungsi apa tidak pada Mikrotik kita. Klik PPTP Server --> kita aktifkan / centang ytada checmark "ENABLE" --> pilih default profile yang telah kita buat dilangkah sebelumnya tadi. 


8. Langkah selanjutnya kita buat user VPN di menu tab "secret" . Setting username, password, service : PPP dan profile VPN-VPN.



Langkah membuat VPN server telah selesai dibuat.

F. Referensi


Ebook "step by Atep Membangun VPN Server dengan MikroTik"
Tio Chandra Hi There, I shared my expereriences here :) Hope You Like It.

0 Response to "Konfigurasi PPTP VPN Server di Mikrotik"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel