Cara Membuat VLAN di Debian 8.5 - TIKNI LIGI

Cara Membuat VLAN di Debian 8.5

Membuat VLAN di Debian Server  8.5 Jessie

  
    Hai Teman ?? Kali ini saya akan memberikan penjelasan tentang cara membuat VLAN pada Debian 8.5 . Pada kesempatan sebelumnya saya juga telah melakukan konfigurasi EtherChannel pada Cisco Packet Tracer yang dapat dilihat disini. Ngomong-omong apa sih VLAN itu? Yuk simak penjelasan lebih lengkapnya pada artikel dibawah ini. 

A. Pengertian

   Virtual LAN atau disingkat VLAN merupakan sekelompok perangkat pada satu LAN atau lebih yang dikonfigurasikan (menggunakan perangkat lunak pengelolaan) sehingga dapat berkomunikasi seperti halnya bila perangkat tersebut terhubung ke jalur yang sama, padahal sebenarnya perangkat tersebut berada pada sejumlah segmen LAN yang berbeda. Vlan dibuat dengan menggunakan jaringan pihak ke tiga. VLAN merupakan sebuah bagian kecil jaringan IP yang terpisah secara logik. VLAN memungkinkan beberapa jaringan IP dan jaringan-jaringan kecil (subnet) berada dalam jaringan switched switched yang sama. Agar computer bisa berkomunikasi pada VLAN yang sama, setiap computer harus memiliki sebuah alamat IP dan Subnet Mask yang sesuai dengan VLAN tersebut. Switch harus dikonfigurasi dengan VLAN dan setiap port dalam VLAN harus didaftarkan ke VLAN. Sebuah port switch yang telah dikonfigurasi dengan sebuah VLAN tunggal disebut sebagai access port.

Sebuah VLAN memungkinkan seorang Administrator untuk menciptakan sekelompok peralatan yang secara logic dihubungkan satu sama lain. Dengan VLAN, kita dapat membagi jaringan switch secara logik berdasarkan fungsi, departemen atau project team .

Keuntungan menggunakan VLAN

     Penerapan sebuah teknologi VLAN memungkinkan sebuah jaringan menjadi lebih fleksibel untuk mendukung tujuan bisnis. Berikut ini beberapa keuntungan menggunakan VLAN:
  • Security– Departemen yang memiliki data sensitive terpisah dari jaringan yang ada, akan mengurangi peluang pelanggaran akses ke informasi rahasia dan penting.
  • Cost reduction – Penghematan biaya dihasilkan dari tidak diperlukannya biaya yang mahal untuk upgrades jaringan dan efisiensi penggunaan bandwidth dan uplink yang tersedia.
  • Higher performance – Dengan membagi jaringan layer 2 menjadi beberapa worksgroup secara logik (broadcast domain) mengurangi trafik yang tidak diperlukan pada jaringan dan meningkatkan performa.kjk
  • Broadcast storm mitigation – Dengan membagi sebuah jaringan menjadi VLAN mengurangi jumlah peralatan yang berpartisipasi dalam broadcast storm.
  • Improved IT staff efficiency – Dengan VLAN pengelolaan jaringan lebih mudah, karena user-user dengan kebutuhan jaringan yang sama berbagi VLAN yang sama.
  • Simpler project or application management – Memiliki fungsi-fungsi terpisah mempermudah pengelolaan sebuah project atau bekerja dengan aplikasi khusus.


B. Latar Belakang

Untuk memberikan penjelasan bagaimana cara membuat VLAN pada OS Debian 8.5, selain itu pembuatan VLAN pada Debian 8.5 ini untuk penghematan port Ethernet ketika sebuah Debian Server berfungsi sebagai yang Router ingin menghubungkan jaringan satu dengan jaringan lainnya. Misalnya ketikan ingin menghubungkan VM (VPS) pada PC Proxmox dengan Debian Router. Maka kita tinggal masukan VLAN ID dari VLAN yang kita buat saat membuat VM di Proxmox tsb.

C. Alat dan Bahan

 - Seperangkat PC Server bersistem operasi Debian

D. Maksud dan Tujuan

Tujuan nya adalah untuk penghematan port Ethernet ketika sebuah PC Debian berfungsi sebagai yang Router ingin menghubungkan jaringan satu dengan jaringan lainnya.Dengan  menggunakan VLAN ini maka kita akan membuat jalur baru secara virtual dalam Port Ethernet fisik yang sebenarnya.

E. Tahap Prelaksanaan

 1. Pertama-tama lakukan instalasi VLAN dengan mengetikkan perintah
# apt-get install vlan

2. Kemudian ketikkan perintah dibawah ini.
# modprobe 8021q

3. Langkah selanjutnya, tambakan kata "8021q" kedalam file "/etc/modules". Penambahan ini berfungsi agar vlan yang kita buat menjadi permanen, sehingga kalau kita restart vlan ini tidak akan hilang.
 #   echo "8021q" >> /etc/modules 

4.  Berikutnya baru kita lakukan konfigurasi vlannya dengan melakukan pengeditan file konfigurasi interface pada /etc/network/interfaces,ketikkan perintah dibawah ini.
# nano /etc/network/interfaces

5.  Selanjutnya lakukan konfigurasi vlan anda dengan format penulisan sebagai berikut

auto eth0.<Vlan_ID>
iface eth0.<Vlan_ID> inet static
             address <ip_addres_untuk_Vlan>
             netmask <netmask_untuk_vlan_anda>
             network <ip_network_untuk_Vlan>
             broadcast <ip_broadcast_untuk_Vlan>

6.  Kemudian save dan restart networknya
 #   service networking restart

7.  Selanjutnya lakukan pengecekan interface VLANnya dengan mengetikkan perintah "ifconfig", maka akan muncul Vlan yang tadi telah kita buat.



Semoga Bermanfaat :)

F. Referensi


G. Hasil dan Kesimpulan 

VLAN bekerja pada Layer 2 pada model OSI, maka dari itu kita menggunakan VLAN ID untuk bisa saling terhubung dengan perangkat lain yang ingin menggunakan VLAN dari Debian yang berfungsi sebagai Router tsb.Dalam hal ini VLAN ID yang harus dimasukkan pada perangkat yang ingin terhubung harus sama dengan VLAN ID yang kita konfigurasi pada Debian Router.VLAN ID tersebut berfungsi sebagai pengganti MAC Address pada suatu Interface fisik. Itulah beberapa alasan mengapa kita membuat VLAN ID pada pembuatan VLAN di atas.
Tio Chandra Hi There, I shared my expereriences here :) Hope You Like It.

0 Response to "Cara Membuat VLAN di Debian 8.5"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel