Membuat Simulasi Jaringan Sharing Printer pada Jaringan Sekolah di Cisco Packet Tracer - TIKNI LIGI

Membuat Simulasi Jaringan Sharing Printer pada Jaringan Sekolah di Cisco Packet Tracer

Simulasi Jaringan Sharing Hardware Printer pada Jaringan Sekolah



Hai kawan ? Kali ini saya akan membuat simulasi Jaringan tentang Sharing Hardware Printer di Cisco Packet Tracer. Sebelumnya saya sudah mempunyai topologi Jaringan Sekolahnya, karena artikel ini merupakan proyek berkembang, maka saya mengembangkan topologinya dengan menambah Sharing Hardware Printer pada Simulasi Jaringan tsb. Untuk melihat postingan saya sebelumnya klik disini.

A. Pengertian

Dalam jaringan sharing printer adalah sebuah server printer yang merupakan perangkat yang menghubungkan printer ke komputer client melalui jaringan. Ia menerima pekerjaan cetak dari komputer dan mengirimkan pekerjaan ke printer yang tepat, antrian pekerjaan lokal untuk mengakomodasi fakta bahwa pekerjaan mungkin tiba lebih cepat dari printer benar-benar dapat menangani. Fungsi tambahan mencakup kemampuan untuk memeriksa antrian pekerjaan untuk diproses, kemampuan untuk menyusun ulang atau menghapus menunggu pekerjaan cetak, atau kemampuan untuk melakukan berbagai macam akuntansi (seperti halaman menghitung, yang mungkin melibatkan membaca data yang dihasilakan oleh printer).


B. Latar Belakang


Latar belakang membuat simulasi jaringan sharing printer pada Cisco Packet Tracer ini untuk memberikan gambaran bagaimana proses membuat jaringan sharing printer terutama untuk Jaringan di sekolah,lalu agar semua host dapat menggunakan fungsi printer meskipun sudah berbeda subnet sekalipun.

C. Alat dan Bahan


- PC/Laptop
- Cisco Packet Tracer


D. Maksud dan Tujuan


Membuat simulasi untuk memudahkan berbagi sumber daya Printer untuk semua Host pada Jaringan Sekolah tersebut,meskipun sudah berlainan ruang dan subnet.

E. Tahap Pelaksanaan

1. Pertama - tama persiapkan topologinya, misal punya saya seperti ini.Pastikan anda sudah menambahkan Hardware Printer pada simulasi tersebut.



2. Kemudian kita konfigurasi Printer tersebut agar Printer tsb memiliki IP.


3. Double klik pada Printer tsb, kemudian pilih Tab Config > Settings > Ketikkan IP Gateway pada jaringan yang dipakai oleh Printer nantinya.



4. Lalu masuk ke menu Interface, masukan IP dan Subnetmask untuk Printer tsb, saya menggunakan angka 10 untuk oktet ke 4 dari printer tsb. Misal saya pakai IP static 192.168.40.1, memakai IP DHCP juga bisa.



5. Lalu agar host dari jaringan lain pun dapat menggunakan fasilitas dari Printer tsb, kita harus melakukan routing pada Jaringan tsb, untuk melihat konfigurasinya sudah saya lakukan di artikel saya sebelumnya menggunakan RIP Routing v2,klik disini

6. Selanjutnya coba test ping dari PC/Laptop ke Printer yang berlainan jaringan




7. Kemudian juga ping juga dari PC yang sejaringan menuju ke Printer


8. Hasilnya




Tio Chandra Hi There, I shared my expereriences here :) Hope You Like It.

0 Response to "Membuat Simulasi Jaringan Sharing Printer pada Jaringan Sekolah di Cisco Packet Tracer"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel