Installasi Web Server di Debian 8.5 - TIKNI LIGI

Installasi Web Server di Debian 8.5

Cara Menginstall Web Server di Debian Jessie 8.5




Hai sobat ?? Pada artikel sebelumnya kita sudah posting tentang bagaimana cara menginstall FTP di Debian Server. Kesempatan kali ini saya akan memosting tutorial cara Menginstall Web Server di Debian 8.5 Jessie. Mungkin konfigurasi pada debian 7 dengan debian 8 ada sedikit perbedaan, tapi intinya sama saja kok.Sebelum itu yuk kita cari tahu apa itu Web Server.

A. Pengertian


    Web Server adalah sebuah software yang memberikan layanan berbasis data dan berfungsi menerima permintaan dari HTTP atau HTTPS pada klien yang dikenal dan biasanya kita kenal dengan nama web browser dan untuk mengirimkan kembali yang hasilnya dalam bentuk beberapa halaman web dan pada umumnya akan berbentuk dokumen HTML. itulah pengertian web server sebenarnya. dalam bentuk sederhana web server akan mengirim data HTML kepada permintaan web Browser sehingga akan terlihat seperti pada umumnya yaitu sebuah tampilan

Penggunaan paling umum server web adalah untuk menempatkan situs web, namun pada praktiknya penggunaannya diperluas sebagai tempat peyimpanan data ataupun untuk menjalankan sejumlah aplikasi kelas bisnis.

     Fungsi utama sebuah server web adalah untuk mentransfer berkas atas permintaan pengguna melalui protokol komunikasi yang telah ditentukan. Disebabkan sebuah halaman web dapat terdiri atas berkas teks, gambar, video, dan lainnya pemanfaatan server web berfungsi pula untuk mentransfer seluruh aspek pemberkasan dalam sebuah halaman web yang terkait; termasuk di dalamnya teks, gambar, video, atau lainnya.

Pengguna, biasanya melalui aplikasi pengguna seperti peramban web, meminta layanan atas berkas ataupun halaman web yang terdapat pada sebuah server web, kemudian server sebagai manajer layanan tersebut akan merespon balik dengan mengirimkan halaman dan berkas-berkas pendukung yang dibutuhkan, atau menolak permintaan tersebut jika halaman yang diminta tidak tersedia.

saat ini umumnya server web telah dilengkapi pula dengan mesin penerjemah bahasa skrip yang memungkinkan server web menyediakan layanan situs web dinamis dengan memanfaatkan pustaka tambahan seperti PHP, ASP.

Pemanfaatan server web saat ini tidak terbatas hanya untuk publikasi situs web dalam World Wide Web, pada praktiknya server web banyak pula digunakan dalam perangkat-perangkat keras lain seperti printer, router, kamera web yang menyediakan akses layanan http dalam jaringan lokal yang ditujukan untuk menyediakan perangkat manajemen serta mempermudah peninjauan atas perangkat keras tersebut.

Beberapa Jenis Web Server di antanya adalah :

1. Apache Web Server / The HTTP Web Server
2. Apache Tomcat
3. Microsoft windows Server 2008 IIS (Internet Information Services)
4. Lighttpd
5. Zeus Web Server
6. Sun Java System Web Server

Dari daftar list diatas yang paling dominan dan digunakan hanya pada Apache dan Microsoft Windows Server.

B. Latar Belakang 

Web server

C. Alat dan Bahan


- PC Server (Debian)
- Laptop (Client)
- Jaringan lokal/internet untuk Repository
- Web Browser

D. Maksud dan Tujuan


- Agar dapat mengonfigurasi Web Server pada Debian Server 8.5
- Agar dapat mengetahui lebih dalam tenatang Web Server
- Memudahkan klient untuk mengakses informasi/haberkas melalui web browser

E. Tahap Pelaksanaan


1. Pertama-tama instal dulu paket web browsenya,ketikkan 
apt-get install apache2 php5


2. Dengan begitu saja sebenarnya web server sudah jadi tetapi masih default,coba buka di client melalui WebBrowser dengan cara mengetikkan ipserver pada addressbar,dengan syarat sudah sejaringan.


3. Untuk melihat lokasi file html default, caranya ketikkan
cd /var/www/html
Setelah itu lihat isi direktori html, disana terdapat file index.html. Kita bisa mengonfigurasi file tsb agar tampilannya sesuai dengan keinginan kita.

4. Tadi kita juga menginstall php5, hal ini agar web kita juga support terhadap bahasa pemrograman php,coba kita test dengan membuat file php sederhana misal file test1.php yang berisi tentang informasi php. Saya buat di dalam direktori defaultnya web server yaitu /var/www/html

Saat mengetikkan perintah nano untuk konfigfile, tetapi file tsb belum ada hal itu sama saja berarti membuat file baru.

5. Lalu coba masukan script php sederhana dibawah ini

6.  Ini adalah bukti file php tsb sudah terbuat

7. Selanjutnya coba buka file php tadi di web Browser pada Client, misal punya saya = 192.168.102.2/test1.php


8. Kemudian buka file index.html di /var/www/html agar kita tahu isinya.
nano /var/www/html/index html

9. Kemudian kita bisa mengedit file html tersebut untuk web server kita, misal saya ubah seperti gambar dibawah ini.Tetapi saran saya file index.html yang asli di backup aja dulu.

10. Setelah itu simpan, kemudian restart apache2 nya dengan mengetikkan
service apache2 restart

11. Lalu lihat hasilnya di Web Browser Client, hasilnya sudah sesuai dengan script yang saya ubah diatas.

12. Semisal anda(client) sudah memiliki file html yang sudah kompleks,lalu anda ingin menggunakanya sebagai web server di Debian Server anda . Caranya upload dulu file html dari client ke Server, bisa melalui FTP / Samba.Jika upload gagal,beri dulu hak akses pada direktori tujuan,misal "chmod 777 /var/www". 

13. Kemudian masuk ke direktori sites-available,caranya ketik

nano /etc/apache2/sites-available/000-default.conf

14. Selanjutnya tambahkan sedikit script dibagian paling bawah seperti gambar berikut.

DocumentRoot = adalah lokasi dimana file html anda berada, misal file html saya saya letakkan di direktori /var/www/tiochandra



15. Selanjutnya coba restart lagi apache2 nya, dan lihat di browser client, maka hasilnya



Semoga Bermanfaat :)
Tio Chandra Hi There, I shared my expereriences here :) Hope You Like It.

0 Response to "Installasi Web Server di Debian 8.5"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel